5 Oct 2012

Cara Membuat Presentasi, Ceramah, atau Pidato Agar Terdengar Membosankan

Pernah tidak kita tertidur atau menguap atau mengantuk pada saat ada orang yang sedang memberikan presentasi, atau kalau kita berada dimasjid mendengarkan ustadz yang ceramahnya membosankan, atau pada saat acara ceremony seperti pesta penikahan ada yang pidato terdengar sangat membosankan?
Setelah di perhatikan ternyata ada 8 cara agar presentasi kita itu, atau ceramah, atau pidato bisa terdengar sangat membosankan. Kepingin membuat presentasi yang membosankan, dibawah ini ada tipsnya.

Caranya:
  1. Pastikan bahwa materi yang kita bawakan itu membosankan.
    Pastikan bahwa materi yang akan kita presentasikan itu terdengar sangat teknis. Kalau perlu pakai sebanyak-banyaknya kata-kata teknis atau kata-kata akademik yang tidak semua orang tahu artinya.
  2. Jangan memasukkan atau mencontohkan analogi atau ilustrasi apapun yang membuat materi kita itu mudah dipahami oleh kebanyakan orang yang hadir.
  3. Pilih waktu yang tepat.
    Pemilihan waktu ini sangan berguna untuk membuat presentasi atau ceramah yang membosankan. Misal, pilih waktu diakhir sesi yang berat, atau pilih waktu sehabis makan siang dimana serangan kantuk biasanya melanda kebanyakan orang.
    Jangan pilih waktu dimana peserta masih segar-segar.
    Pemilihan waktu ini akan sangat membantu dan memberi efek kantuk yang luar biasa.
  4. Berbicaralah dengan sangat pelan, monoton, dan terdengar sedikit bergumam.
    Kalau bisa hindari segala bentuk ekspresi muka, atau variasi suara yang dapat mengalihkan perhatian dan mengganggu perjalanan para peserta menuju medan kantuk.
    Ingat, tujuan kita adalah mengantarkan mereka ke alam mimpi yang mulus dan tanpa gangguan.
  5. Berdiri dengan kaku di depan.
    Hindari banyak bergerak. Jika kita membuat banyak gerakan, apalagi gerakan yang mendadak maka ini akan membuat peserta akan terpengaruh. Dan suasana membosankan akan terganggu.
    Hindari segala macam variasi gerakan, jangan pindah posisi atau membuat gerakan apapun yang dapat menarik perhatian.
  6. Jangan memasukkan humor.
    Ini penting, humor itu mungkin bisa memasukkan berbagai point penting. Ini akan sangan mengganggu misi untuk membuat mereka bosan dan mengantuk.
  7. Berbicaralah dengan topik yang sudah sangat diketahui oleh peserta.
    Jaga agar topik yang kita bicarakan itu pada umumnya sudah sangat diketahui oleh para peserta, topik yang sangat sudah diketahui tentu akan melemahkan daya tarik dan keingintahuan peserta.
    Pokoknya buat agar mereka berpikir: “Ah aku udah tahu yang ini buat apa didengar lagi..”
  8. Jika kita membawa catatan atau makalah, pastikan kita membacanya dengan sangat detil sampai ke titik komanya.
    Ini akan membuat peserta berpikiran: “ah.. ada dimakalah.. nanti juga bisa dibaca”
    Dengan cara ini para peserta dan hadirin tentu tidak takut kehilangan informasi penting yang tidak ada dicatatan atau makalah.
Demikian ada sekitar 8 cara agar presentasi, ceramah, atau pidato kita terdengar sangat membosankan, tidak menarik, menjemukan. Dengan tidak usah banyak latihan kedelapan cara diatas bisa dilakukan semua orang.
..cling.. kaboor…

0 comment:

Post a Comment

Jangan gunakan Bahasa Yang Melanggar Aturan

 
;